Home » » Skandal Kasus Hukum Seleb Tanah Air di 2012

Skandal Kasus Hukum Seleb Tanah Air di 2012

Written By Unknown on Minggu, 23 Desember 2012 | 17.49



Selebriti tak pernah lepas dari sensasi dan kontroversi. Dunia artis yang glamour dan penuh persaingan ketat, selalu diwarnai dengan skandal yang mengejutkan dan mampu menghebohkan publik. Begitu juga dengan dunia artis tanah air. Di tahun 2012 ini, sejumlah konflik dan skandal menjerat selebriti tanah air.
 Motifnya tentu saja beragam, mulai dari perseteruan, penganiayaan hingga kasus korupsi dan juga poligami. Bahkan, tak jarang kasus tersebut bergulir ke meja hijau. Di tahun 2012 ini, sejumlah artis terjerat kasus hukum, beberapa di antara mereka harus mendekam di balik jeruji besi. Berikut artis-artis yang terjerat hukum di tahun 2012:

1. Andika Eks 'Kangen Band'
Lama tak terdengar kabarnya, mantan vokalis Kangen Band, Andika lagi-lagi terlibat kasus hukum. Kali ini, bahkan lebih serius. Andika dituduh telah membawa kabur gadis di bawah umur, berinisal CC. Atas laporan keluarga gadis di bawah umur itu, Andika harus berurusan dengan kepolisian. 

Polisi menangkap Andika. Ia pun resmi menjadi tahanan Mapolresta Lampung sejak 15 Desember lalu. 
Saat diwawancara, Andika mengakui wanita itu sebagai kekasihnya. Ia juga mengakui dirinya telah berhubungan intim dengan kekasihnya tersebut.

Namun, ia menyatakan hubungan itu dilakukan atas dasar suka sama suka. Ia pun berjanji akan menikahi kekasihnya pada Januari 2013. Namun, keluarga CC menolak rencana pernikahan pasangan ini.

Keluarga CC menganggap rencana pernikahan itu hanya salah satu cara Andika untuk membuka pintu perdamaian agar bisa bebas.

Seperti diketahui, dalam kasus ini Andika dijerat pasal 332 KUHP serta pasal 81 dan 82 UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun penjara.

2. Bolot
Komedian Bolot secara mengejutkan menjadi perbincangan, lantaran Bolot diduga terlibat kasus pengeroyokan terhadap salah seorang remaja berusia 16 tahun bernama Rangga. Rangga melaporkan Bolot ke Polsek Ciputat. Bahkan, dua anggota keluarga Bolot telah ditahan karena kasus itu.

Kasus ini berawal ketika cucu Bolot, menjadi korban pemukulan. Ia bercerita kepada Bolot, Rangga termasuk orang yang terlibat pemukulan terhadap cucunya. Bolot pun diduga memukul Rangga dibantu dua anggota keluarga lainnya. 

Awalnya, terlihat tanda-tanda perdamaian dalam kasus ini. Bolot dan pihak keluarga Rangga berencana membahas soal perdamain. Namun, tampa diduga, Bolot justru melaporkan balik Rangga ke Polsek Pondok Aren. Rangga pun ditahan polisi. Perdamaian yang sudah mendekati kesepakatan justru tak terwujud. 

3.Cynthiara Alona
Satu lagi artis wanita yang terjerat kasus hukum. Cynthiara Alona harus berhadapan dengan masalah hukum lantaran dugaan menggunakan paspor palsu. Artis yang kerap membintangi film panas ini, diduga menggunakan paspor palsu saat pergi ke Singapura. 

Petugas imigrasi telah memanggil Alona sebanyak tiga kali. Namun, Alona tidak hadir. Petugas Imigrasi pun akhirnya menjemput paksa Alona. 

Alona ditangkap petugas imigrasi pada 10 Desember lalu di Bumi Serpong Damai, Tangerang. Ia kemudian menjalani pemeriksaan dan dijebloskan ke tahanan di Rutan Pondok Bambu. 

Menurut Kepala Bidang Humas Ditjen Imigrasi, Maryoto Sumadi, Alona melanggar pasal 126 huruf a UU Imigrasi nomor 6 tahun 2011 dengan ancaman pidana selama lima tahun dan denda Rp500 juta.

Sepekan meringkuk dibalik jeruji besi, Alona melalui kuasa hukumnya, Ranto P Simanjuntak mengakukan praperadilan di Pengadilan Negeri Tangerang. Namun, prapedilan artis tersebut ditolak.

4. Diego Michiels
Pesepakbola Diego Michiels juga salah satu seleb yang tersandung kasus hukum. Kekasih pesinetron Nikita Willy ini dilaporkan mahasiswa bernama Meff Paripurna. 

Diego ditahan karena diduga melakukan penganiayaan dan pengeroyokan terhadap Meff Paripurna  di Klub Domain, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis dini hari, 8 November lalu. Diego dan kelima temannya itu di tahan di Polsek Metro Tanah Abang. Tetapi, kemudian Diego dipindah ke Polres Jakarta Pusat. 

Saat di dalam tahanan, Nikita Willy pun datang menjenguk pesepakbola asal Belanda ini. Nikita terlihat menangis saat menjenguk kekasihnya tersebut. Beberapa kali, ia tampak mengusap air matanya. Nikita menuliskan dukungannya untuk Diego di blog pribadinya. 

Ia berjannji, apapun yang terjadi, ia akan selalu mendukung dan tak akan meninggalkan Diego. Sekedar informasi, berkas kasus Diego telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Berkas kasus Diego dan empat rekannya digabung menjadi satu. 

Berkas kasus Diego memang sengaja dipercepat dan polisi menolak penangguhan penahanan yang bersangkutan. Sejumlah saksi dan pemeriksa CCTV juga sudah dilakukan. 

Pesepakbola ini dan keempat rekannya dijerat dengan Pasal 170 ayat 2 dan 351 ayat 2 KUHP dengan ancaman di atas 5 tahun penjara. 

5. Nikita Mirzani 
Sepanjang tahun 2012, artis Nikita Mirzani selalu menjadi sorotan. Terutama soal foto-foto syurnya yang bocor di internet. Gaya bicaranya yang ceplas-ceplos kadang juga menuai kontroversi. Namun, sosok Nikita menjadi perbincangan publik, ketika ia menjadi tersangka dugaan kasus penganiayaan terhadap dua orang model. 

Nikita menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Selasa, 16 Oktober 2012 lalu. Setelah melalui pemeriksaan yang panjang dan melelahkan, Rabu, 17 Oktober Nikita langsung ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. 

Saat keluar ruangan, Nikita berusaha untuk terlihat tegar. Ia menutupi wajahnya dengan jaket cokelat. Nikita terlihat menangis saat berada di rutan. Berada di tahanan membuat Nikita tertekan. Ia pun sempat dilarikan ke rumah sakit. Nikita menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur selama tiga hari karena masalah lambung. 

Nikita didakwa dengan pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat, dan ancaman hukuman penjara 2 tahun 8 bulan. Kuasa hukum Nikita, Minola Sebayang mengajukan penangguhan penahanan. Tak hanya itu, Nikita juga mengajukan pra peradilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Setelah 50 hari mendekam ditahanan, Nikita akhirnya bisa menghirup udara bebas. Nikita bebas sementara. Kasus ini masih dalam proses hukum. Kemungkinan persidangan kasus penganiayaan yang melibatkan Nikita akan digelar pertengan Januari 2013 mendatang.

6. Limbad 
Pesulap Limbad mendadak menjadi buah bibir. Pria asal Tegal ini dilaporkan istrinya, Susi Indrawati ke Polda Metro Jaya atas tuduhan perzinahan. Susi menuduh Limbad telah berzinah dengan wanita lain.
Limbad dijerat pasal pasal 284 KUHP dan pesulap ini terancam hukuman empat tahun penjara.

Laporan Susi itu akhirnya mengungkap rahasia pernikahan kedua Limbad dengan wanita bernama Benazir Endang. Limbad mengaku dirinya tidak berzinah. Ia dan Benazir telah melangsungkan pernikahan siri. Bahkan, dari pernikahan siri itu, Limbad telah memilii seorang anak. 

Kasus ini hingga kini masih dalam proses penyelidikan. Limbad dan juga Benazir telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi beberapa waktu lalu. Saat ini, Limbad sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di rumah istri mudanya tersebut. 

Hal itu membuat istri pertama Limbad kesal dan kecewa pada suaminya. Meski demikian, Susi bertekad untuk tidak bercerai dari Limbad. Ia akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan biduk rumah tangganya.

7. Angelina Sondakh
Awal Februari 2012, Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya menetapkan artis, politisi Demokrat yang juga anggota Badan Anggaran DPR, Angelina Sondakh menjadi tersangka dalam kasus suap proyek Wisma Atlet. 

KPK menjerat Angelina Sondakh dengan Pasal 5 ayat (2) atau Pasal 11 atau 12 huruf a UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman hukuman untuk Pasal 5 dan 11 antara 1-5 tahun. Sedangkan untuk Pasal 12 huruf a antara 4-20 tahun. Angie dituduh menerima aliran dana korupsi dalam proyek pembangunan wisma atlet SEA Games. 

Wanita yang akrab disapa Angie ini langsung ditahan di Rutan KPK pada pemeriksaan perdananya pada Jumat, 27 April 2012 lalu. Kini, ia pun sudah menjalani persidangan dan ditahan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Dalam persidangan, 20 Desember 2012 kemarin, wanita berdarah Manado ini dituntut jaksa 12 tahun penjara. Selain pidana penjara, jaksa juga menuntut Angie membayar uang pengganti Rp500 juta dan mengembalikan kepada negara uang sebesar Rp12,85 miliar dan US$2,35 juta atau sekitar Rp21 miliar. Istri mendiang Adjie Massaid ini pun menangis.

8. Alba Fuad
Artis yang tenar ditahun 80 hingga awal 90-an, Alba Fuad mengejutkan publik. Lama tak terdengar aktivitasnya di dunia keartisan, Alba Fuad membawa kabar tak sedap. Ia ditangkap polisi di sebuah hotel di kawasan Pulo Mas. Polisi menangkap Alba Fuad, saat petugas kepolisian menangkap John Refra alias Jonh Key.

Berdasarkan hasil urin, Alba mengkonsumsi narkotika. Dalam persidangannya, hakim menyatakan Alba bersalah karena menyalahgunakan narkotika golongan I, digunakan untuk dirinya sendiri. Alba divonis delapan bulan penjara. Vonis itu lebih ringan empat bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum.


sumber : http://life.viva.co.id/news/read/377126-skandal-kasus-hukum-seleb-tanah-air-di-2012

Blog Archive

Friend Yangasik