Home » » Tips Mudah Hidup Sehat

Tips Mudah Hidup Sehat

Written By Unknown on Jumat, 16 November 2012 | 06.24



Memilih makanan yang sehat untuk tubuh kita ternyata tidaklah sulit. Tidak perlu ambil pusing untuk menghitung kalori, dan memilah milah makanan. Dengan cermat memilih warna dan kualitas makanan, memilih makanan selingan, dan mengontrol diri, itu saja sudah cukup menjadi solusi untuk hidup sehat bagi anda dan keluarga anda.

Terkadang orang terlalu ambil pusing dalam menilih makanan karena takut kolestrol, dll. Itu malah menambah beban bagi hidup kita.

Berikut ada 5 tips untuk anda mendapatkan hidup sehat melalui pola makan :
Perhitungkan Warna Makanan

Kebanyakan orang hanya melihat jumlah kalori dalam makanan. Tetapi, cobalah untuk memperhatikan berapa jenis warna yang terdapat dalam satu porsi makanan. Seperti apa saja sayuran yang di konsumsi setiap hari. Jangan sampain warna sayuran yang di makan terlalu pucat, tidak ada warna warni didalamnya. Semakin banyak warna sayuran yang di konsumsi akan semakin baik. Karena pertanda antioksidan, vitamin dan serat yang dikonsumsi pun semakin banyak juga. Namun warna sayuran haruslah warna alami tanpa pewarna buatan.
Makanan Selingan

Selain makan cukup 3 x sehari, makanan selingan juga diperlukan untuk tubuh kita. Biasanya makanan selingan ini di konsumsi sektar jam 10 ataupun jam 4 sore di saat perut mulai kosong. Makanan selingan ini untuk menjaga agar perut tidak terlalu kosong dan lapar di saat menjelang jam makan. Makanan selingan ini dapat berupa biskuit gandum ataupun biskuit sayuran untuk mengisi perut anda.

Perbanyak Serat Saat Sarapan
Serat yang cukup saat sarapan pagi akan membuat perut kenyang sampai waktu makan siang tiba. Hal ini bisa disiasati dengan mengkonsumsi sereal atau oatmeal yang dipadu dengan potongan buah seperti pisang dan juga strawberry. Jika tidak bisa mengkonsumsi sereal, roti bisa jadi penggantinya. Pilih roti yang terbuat dari tepung gandum, dan padukan dengan selai kacang ataupun selai buah.

Makanan Peredam Lapar

Pastikan selalu tersedia cemilan di lemari pendingin anda. Ini berguna untuk meredam rasa lapar yang datang di saat tertentu. Sebaiknya pilihlah cemilan yang sehat untuk anda seperti apel, pepaya, pisang, strawberry, atau bisa juga oat.

Mengontrol Diri

Selain mengontrol makanan, kita juga perlu mengontrol diri kita sendiri. Dimana kita harus pandai mengatur makanan yang masuk pada tubuh kita. Makanlah secukupnya, dan berhentilah jika kamu merasa makanannya sudah berlebihan. Mengontrol diri dalam diet juga diperlukan, makan tepat waktu diperlukan agar usaha diet secara sehat berhasil.


Sumber : http://www.unikgaul.com/2011/12/5-tips-mudah-hidup-sehat.html

Blog Archive

Friend Yangasik