Home » » Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Kartu Kredit

Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Kartu Kredit

Written By Unknown on Rabu, 06 Februari 2013 | 19.26



Semua orang tahu apa itu kartu kredit, namun tidak semua memilikinya, entah karena belum mampu atau karena takut. Namun biasanya rasa takut ini hanya muncul bila kita belum mengenal sepenuhnya fungsi dan manfaat kartu kredit. Yuk kita kenali lebih jauh!

Kartu kredit adalah kartu pembayaran yang diterbitkan lembaga keuangan atau bank sebagai alat pembayaran. Kartu kredit memperbolehkan pemiliknya membayar barang dan jasa atas kesepakatan bahwa pemilik berjanji akan melunasinya di kemudian hari. Bank penerbit kemudian menentukan batas kredit maksimal yang dapat “dipinjam” untuk berbelanja atau ditarik tunai jika perlu. Dengan kartu kredit, pemilik dimungkinkan menunda pembayaran (berutang), tetapi dengan konsekuensi akan dikenakan bunga.

Cara penggunaan kartu kredit sangatlah mudah. Anda tinggal menyerahkan kartu kredit kepada kasir saat akan membayar sebuah pembelanjaan. Yang terpenting untuk diingat, ketika transaksi pembayaran dilakukan, Anda setuju untuk membayar "utang" tersebut kepada bank penerbit kartu. Hal tersebut ditandai dengan pembubuhan tanda tangan Anda di bukti pembayaran.

Keuntungan kartu kredit yang paling utama adalah kenyamanan. Kenyamanan dapat berarti tidak perlu membawa banyak uang tunai, dan adanya keleluasaan melakukan penundaan pembayaran. Kemudian, biasanya kartu kredit memberikan reward points sebagai dari setiap transaksi yang telah dilakukan, yang nantinya bisa diubah jadi diskon. Kartu kredit juga biasanya menyediakan potongan harga di toko atau restoran tertentu.

Namun saat ini masih saja ada yang terjebak paradigma yang salah tentang kartu kredit sehingga ia terjerat utang berkepanjangan. Agar tak salah langkah, pahami dulu dasar kartu kredit di bawah ini:

- Kartu kredit hanyalah alat pembayaran tanpa uang tunai dan untuk menunda pembayaran
- Kartu kredit tidak memberikan tambahan uang, sehingga berbelanja harus dibatasi
- Kartu kredit bukan pengganti uang tunai, karena setiap kali dipakai harus dibayar sebelum jatuh tempo
- Anda akan dikenakan bunga bila hanya membayar tagihan minimum
- Kartu kredit bukan alasan untuk terlihat bergaya dan modern. Pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah paham konsepnya, dibutuhkan langkah bijak dalam penggunaanya. Berikut beberapa tips seputar penggunaan kartu kredit:

1. Miliki tujuan yang jelas untuk mempunyai kartu kredit, misalnya sebagai pos dana darurat, untuk membeli kebutuhan liburan (tiket pemesanan hotel atau pesawat), untuk berbelanja online, atau berhemat makan di luar rumah.

2. Miliki paling banyak dua kartu saja (Visa dan Mastercard). Akan lebih baik dari dua penerbit yang berbeda yang memiliki benefit paling banyak dan bagus.

3. Batasi pemakaian maksimal 30% dari pemasukan bulanan, sehingga kalau terjadi sesuatu akan sanggup dilunasi.

4. Lunasi tagihan setiap bulan, jangan hanya membayar nilai minimumnya. Bayarlah sebelum waktu jatuh tempo agar tidak terkena bunga (3,5% per bulan = di atas 40% setahun!) dan denda.

5. Tarik tunai hanya jika benar-benar terpaksa.


Kartu kredit idealnya digunakan untuk berbelanja bulanan, membayar berbagai tagihan, membayar makan di restoran, pemesanan hotel, rumah sakit, dan lain-lain, dengan catatan Anda sudah memiliki uang untuk melunasinya atau Anda sudah mengetahui dari mana sumber uang untuk melunasinya.

Pergunakan kartu kreditmu dengan bijak ya, ladies!    
 
 

Blog Archive

Friend Yangasik