Home » » Ketahui Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 08.08


Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala, dari sakit kepala yang biasa sampai sakit kepala yang nyeri luar biasa. Untuk obati sakit kepala tentu harus diketahui terlebih dahulu penyebab sakit kepala itu sendiri. Karena beda penyebab tentu beda pula penanganannya jadi jangan sampai salah memprediksi penyebab sakit kepala yang terjadi pada Anda. Ada beberapa jenis sakit kepala yang biasa orang alami yaitu, Sakit kepala Tegang (Tension), Sakit Kepala Migren, Sakit kepala Sinus, dan sakit Kepala Cluster.

Berikut Beberapa Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya :

1. Sakit Kepala Tegang (Tension)
Sakit kepala jenis ini paling umum dialami oleh setiap orang. Sakit kepala ini umumnya dakibatkan oleh ketegangan otot dibagian kepala, bahu dan belakang leher.


Penyebab : Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan juga kelelahan.

Gejala : Sakit kepala tegang diawali dengan rasa sakit yang akut pada titik pemicu, nyeri dan sakit pada otot di area leher dan pundak.

Cara Pengobatan : Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas dipasaran, tentunya dengan dosis yang dianjurkan. Misalnya Aspirin, Ibuprofen, dan Naproxen. Atau mulailah untuk melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan banyak istirahat.

2. Sakit Kepala Migren
Sakit kepala migren sering digambarkan sebagai salah satu jenis sakit kepala yang hebat, berdenyut dan menyerang kepala pada satu sisi. Migren adalah kondisi neurologis yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah karena adanya perubahan serotonin.


Penyebab : Sakit kepala ini bisa disebabkan karena stres, perubahan hormon, dan bahkan beberapa jenis makanan juga dapat memicu terjadinya migren. Salah satunya, daging karena dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak, dan memprovokasi sakit kepala.

Gejala : Sakit kepala migren ini dimulai dengan nyeri yang hebat atau kepala terasa berdenyut, menjadi terganggu terhadap cahaya, suara dan bau, bahkan sampai mual atau muntah.

Cara Pengobatan : Untuk menguranginya, Anda dapat mengkonsumsi obat-obat yang dijual dipasaran seperti aspirin, acetaminophen, acetaminophen. Atau mintalah obat-obatan dengan resep dokter jika migren sudah terasa sangat parah.

3. Sakit Kepala Sinus
Sakit kepala sinus kadang sering tertukar dengan sakit kepala migren. Sakit kepala sinus paling sering dirasakan sebagai nyeri yang mendalam di tulang pipi, dahi, atau hidung. Sakit kepala sinus tidak berkaitan dengan perasaan mual, atau gangguan terhadap cahaya dan gejala lainnya yang biasa terjadi pada migrain.


Penyebab : Sakit kepala sinus disertai dengan sinusitis (peradangan pada selaput lendir), kondisi dimana lapisan membran selaput lendir menjadi bengkak dan meradang.

Gejala : Nyeri sekitar hidung dan mata, hidung berair, sering disertai dengan demam.

Cara Pengobatan : Obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan sinus.

4. Sakit Kepala Cluster
Sakit kepala jenis ini menyebabkan nyeri yang luar biasa dan biasanya terjadi pada pria.


Penyebab : Sakit kepala cluster umumnya disebabkan karena konsumsi alkohol, atau juga sering terjadi pada perokok.

Gejala : Sakit yang luar biasa, biasanya di sekitar mata, tapi dapat merambat pada area lain di wajah, kepala, leher dan pundak, Keluar air mata secara berlebihan, lendir atau basah pada lubang hidung, ukuran pupil yang mengecil dan kelopak mata yang layu.

Cara Pengobatan : Suntikan smatriptan, naratriptan, frovatriptan dan lainnya yang berfungsi meningkatkan efek seratonin dan bisa segera mengurangi nyeri namun tidak mencegah rasa sakit berikutnya.

Itulah beberapa Penyebab sakit Kepala yang bisa membantu Anda untuk mendiagnosis jenis sakit kepala yang Anda alami dengan melihat gejala yang timbul. Dengan begitu akan membuat pengobatan sakit kepala bisa lebih optimal dilakukan.


sumber : http://m-wali.com/ketahui-penyebab-sakit-kepala-dan-cara-mengatasinya/

Blog Archive

Friend Yangasik