Home » , » Trik Menjadi Juara Kelas

Trik Menjadi Juara Kelas

Written By Unknown on Jumat, 30 November 2012 | 17.58

Pengin jadi juara kelas? Kenapa tidak. Menjadi juara kelas tak harus kutu buku. Yang penting adalah belajar dengan keras,  menguasai materi, tahu trik-triknya dan rajin mengerjakan pe-er. Satu lagi yang penting : jangan lupa berdoa.   Ini dia caranya.


Harus masuk otak smua nih!


A. 4  CARA MENJADI JUARA KELAS
            Ada 4 cara yang harus kamu perhatikan kalau  ingin jadi juara kelas.

1. Trik Menghadapi Ulangan
  • Kuasai pelajaran yang bakal diujikan. Artinya,  kamu harus belajar  serius.  Yakinkan bahwa kamu pasti bisa meraih nilai bagus untuk pelajaran itu.  Ketika kamu masuk ke ruangan ujian, yakinkan bahwa kamu pasti bisa mengerjakannya karena kamu sudah menguasai materinya.
  • Pertama-tama jawablah pertanyaan-pertanyaan yang kamu yakin bisa mengerjakannya. Kemudian berpindahlah ke pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai bobot lebih tinggi. Jadi, kalau ada pertanyaan  yang  kamu rasa tidak bisa, tinggalkan dulu. Baca pertanyaan dengan teliti dan cepat untuk menghemat waktu.  Untuk pertanyaan-pertanyaan yang punya bobot paling sedikit, kerjakan paling akhir.
  • Jika kamu tidak bisa menjawab dalam pertanyaan multiple choice, berilah tanda silang pada jawabannya. Kalau ada waktu tengok kembali pertanyaan itu. Dan, jika kamu harus mengira-ira, pilihlah salah satu jawabannya. Jadi jangan dibiarkan kosong.
  • Pada pertanyaan-pertanyaan dengan kalimat panjang yang harus dijawab Ya atau Tidak, jawaban biasanya Ya. Kata-kata seperti selalu atau tidak pernah biasanya muncul dan menandai kalimat itu salah. Biasanya jawabannya Tidak atau Salah.
  • Kalau soalnya berupa essay dan kamu buntu tidak bisa menjawabnya, jangan biarkan. Ambil pinsil dan mulailah menulis. Walau kamu hanya menuliskan pertanyaannya, aksi dari penulisanmu itu akan membuka pikiranmu dan memacu otakmu untuk mencari dan menemukan jawabannya.
  • Setelah membaca pertanyaan multiple choice, yakinkan bahwa jawabanmu benar. Hal itu akan menjagamu dari kebimbangan menjawab soal. Dengan kejakinan itu kamu tak bakal mengulangi pertanyaan itu lagi dan membuatmu pede untuk  menjawab pertanyaan selanjutnya.

2. Study Smarter

  • Mulailah belajar paling tidak 2 hari sebelum ulangan.  Hal itu akan mengurangi tingkat stres karena kamu tidak belajar dengan sistem kebut semalam.  Ingat, jangan belajar  hanya kalau  ada ulangan saja. Besok ulangan hari ini belajar.  Itu sangat tidak dianjurkan
  • Malam sebelum ujian, tinjau kembali ringkasanmu paling tidak satu jam. Setelah itu, tidurlah. Kalau kamu tidak bisa tidur minumlah vitamin B-Complek satu butir untuk melepaskan otot-otot otakmu yang tegang akibat belajar. Atau, minumlah segelas susu hangat. Keduanya itu akan bisa membuatmu tidur nyenyak.
  • Simpanlah kertas ulanganmu dan pe-er untuk digunakan sebagai study guide pada ulangan-ulangan berikutnya dan saat ujian akhir. Biasanya, sebagian besar guru menggunakan kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan.
  • Bentuklah kelompok belajar bersama teman-teman dekatmu. Adakan saling tukar catatan atau melengkapi catatan masing-masing. Adakan juga belajar bersama sebelum menghadapi ujian besar atau ujian akhir. Belajarlah dengan serius, jangan main-main, apalagi ngobrol. Gunakan waktu sebaik-baiknya.
Belajar kelompok jangan ngobrol

3. Konsumsi Makanan Otak

  • Biasakan untuk sarapan pagi. Tapi jangan dibiasakan untuk minum kopi. Kopi hanya memacu otak sesaat, setelah itu kamu akan mengantuk atau lelah karena kopi menyerap kalsium.
  • Tambahkan makanan berprotein tinggi pada sarapanmu untuk memacu otak kamu, seperti susu, telur, serela yang mengandung banyak protein.
  • Jnagan sarana dengan nasi seperti nasi goreng terlalu banyak karena akan membuatmu malah ngantuk.
  • Sarapan roti dengan telur rebus atau selai kacang juga dianjurkan.
  • Sesendok minyak ikan di pagi hari juga baik untuk  memacu otak.

4. Membangun Ingatan

  • Mejikuhibiniu. Tentu kalian sudah mengenal istilah ini. Orang bule menyebutnya sebagai roy g biv, singkatan dari red, orange, yellow, green, blue, indigo dan violet.  Buatlah singkatan semenarik mungkin yang bisa cepat kamu hafal kalau kamu ingin mengingat daftar nama atau hafalan yang sulit. Di matapelajara Biologi kamu mesti pandai-pandai membuat singkatan untuk menghafalkan nama-nama latin machluk hidup.
  • Lagukanlah.  Ialah  dengan mengatur topik yang kamu inginkan dalam musik atau nada. Misalnya,   memasukkan hafala ke dalam lagu yang kamu sukai atau menciptakan sebuah sajak tentang sesuatu yang isinya pelajaran kamu. Lalu, hafalkan denagn suara terdengar. Mungkin, temanmu akan heran denagn gumamanmu, tapi cuek sajalah.  Sebab, denagn bergumam  kamu akan lebih cepat menghafal  daripada dihafal dalam hati.
  • Membuat gambar. Ini tentunya berlaku buat kamu yang pandai menggambar. Dengan membuat gambar seringkali  dapat membantu mencetak ide dalam kepalamu. Bagi kamu yang tidak menyukai pelajaran hafalan, seperti Sejarah atau Biologi, cobalah membuatkan ilustrasinya untuk memudahkan menghafal. 
  • Buatlah coretan. Untuk memudahkan pelajaran hafalan atau rumus-rumus, bawalah selalu kertas untuk menemanimu belajar. Coretkanlah kata-kata atau rumus-rumus yang kamu anggap sulit. Bawalah selalu kertas itu ekmanapun kamu pergi sambil menghafalkannya.  Sekali lagi, hafalkan denagn bersuara.  Kalau ada yang ngatain miring, cuek saja.
Pilih sarapan yang bisa memacu kerja otak


B. PETUNJUK DI KELAS

1. Pilih Tempat Duduk
            Kalau  kamu suka duduk di kursi paling belakang, biasanya guru akan mengira kamu suka menghindari tugas  atau suka ribut. Duduk di kursi tepat di depan guru juga bukan merupakan tempat duduk yang paling baik untuk mendapatkan perhatian guru.  Jika kamu diperbolehkan memilih tempat duduk, pilihlah tempat duduk mulai dari baris tengah sampai tempat duduk nomor dua. Itulah area di mana para guru lebih banyak memusatkan perhatriannya.

2. Angkatlah Tanganmu
            Ingin guru lebih mengenalmu? Berbicaralah.  Angkatlah tanganmu  jika guru memberi pertanyaan kepada seluruh kelas. Usahakan untuk terlibat dalam diskusi dan selalu menaruh perhatian terhadap yang sedang dibicarakan di  kelas. Kalau kamu yang ditunjuk, berikan jawaban terbaik. Jika kamu benar-benar tidak tahu harus menjawab apa, jawab saja dengan perkiraanmu.  Itu akan lebih baik daripada kamu bilang, ”Tidak tahu”.

3. Jadilah Dirimu Sendiri
            Jangan  minder jika gurumu mengetahui kemampuan kamu yang sebenarnya. Jika menghadapi pelajaran yang kamu tidak bisa memecahkan jawabannya, bicaralah terus terang kepada gurumu bahwa kamu tidak mengerti. Dengan demikian membuat gurumu tahu bahwa kamu menaruh perhatiuan terhadap pelajaran yang diberikan.  Tapi ingat, pertanyaanmu harus dalam konteks pelajaran yang diberikan. Jangan mencari perhatian dengan mengatasnamakan tanya pelajaran.  Sebab, kalau kamu caper, guru mungkin bisa menjadi tidak suka sama kamu.

4. Tulislah Hal Penting
            Tidak seorang pun dapat mengingat semua yang dikatakan guru. Itulah mengapa kamu mesti punya catatan.  Cobalah tips di bawah ini untuk membuat catatan yang rapi dan gampang dimengerti.
  • Jangan menulis setiap kalimat yang dikatakan gurumu. Karena kalau kamu terlalu menuliskan banyak kata-kata, kamu akan kehilangan maksud keseluruhan yang disampaikan gurumu. Ringkaslah dengan kata-katamu sendiri.
  • Lakukanlah untuk biasa membaca catatan usai sekolah. Luangkan sedikit waktu setiap hari untuk mengulangi pelajaran yang telah kamu dapat. Pastikan, kamu mengerti yang dimaksud.
  • Jangan mengabaikan  bahasa yang diucapkan guru. Perhatikan baik-baik kata kunci yang diucapkan gurumu. Misalnya guru mengatakan,  Sebagai kesimpulannya ...”   Atau, ”Hal yang paling penting adalah .... ” Setelah gurumu mengatakan kalimat  tersebut, tulislah apapun yang dikatakannya. Biasanya, itulah pokok dari pelajaran tersebut.
  • Tulislah  segala sesuatu yang ditulis guru di papan tulis. Biasanya, guru menuliskan hal-hal penting yang baru saja diterangkan.  Dan itu biasanya akan dikeluarkan saat ulangan. Tapi ingat, kamu mesti membaca semua materi yang diberikan. Itu wajib.
Guru akan memerhatikanmu

5. Pelajaran Tambahan
            Kalau kamu merasa kesulitan menangkap sebuah mata pelajaran, tanyakan kepada guru kemungkinan dia bisa memberikan pelajaran tambahan di kelas.  Kalau gurumu tidak punya waktu, tanyakan apakah dia bisa memberikan les privat. Kalau gurumu tidak memungkikan untuk memberikan les privat kepada muridnya sendiri, tanyakan kepadanya kepada siapa atau ke mana kamu harus les.  Gurumu  akan tahu guru yang cocok dan baik untukmu.

6. Tips Belajar
            Belajar  dengan sistem kebut semalam tidak akan menghasilkan nilai optimal. Di samping hasilnya tidak memuaskan, pelajaran yang diserap otak pun cepat dilupakan. Coba deh ikuti tips di bawah ini untuk menghadapi pelajaran-pelajaran tertentu.
*. Mafia  (Matematika,  Fisika dan Kimia) Belajar pelajaran "Mafia" butuh konsentrasi. Kertas untuk coretan harus selalu ada. Untuk mendapatkan nilai optimal,   sering-seringlah mengerjakan soal-soal. Kamu  bisa juga belajar melalui soal-soal ulangan yang telah lalu atau tahun lalu punya kakak kelas kamu.  Kalau otak buntu terhadap satu soal, tanyakan kepada guru atau temanmu yang paling pandai atau guru lesmu.  Jangan diam kalau kamu tidak tahu  jawabannya.
* Sejarah Ini pelajaran hafalan. Buatlah ringkasan dan skema. Catatlah kata-kata sulit, tahun-tahun dan bawalah kemana pun kamu pergi dan hafalkan.
* Geografi   Buatlah peta buta agar kamu tahu letak kota-kota yang kamu hafalkan. Sambil mengingat letaknya kamu akan mengetahui segala sesuatu yang ada di kota itu.
* Biologi  Yang sulit di pelajaran ini adalah menghafalkan nama Latin tumbuhan atau binatang.  Tulislah pada kertas  kata-kata yang kamu sulit menghafalkannya. Lalu, bicaralah dengan siapa saja, seperti kakak, adik, ortu atau pembantu sekalipun tentang kata-kata yang sedang kamu hafalkan. Biasanya mereka akan menganggap kamu aneh, biarkan saja. Yang penting pelajaran masuk otak.
* Kesenian   Biasanya terdiri dari praktek dan teori. Kalau kamu kurang bisa di praktek, kamu mesti genjot di teori agar nilaimu tidak kalah dari pesaingmu.

Sedang belajar apa, Dek?

7. Tempat Yang Baik Untuk Belajar
            Jangan membuat ruang belajar sebagai tempat yang nyaman untuk tidur atau tidur-tiduran. Karena kamu pasti akan tertarik untuk tidur daripada belajar.  Tempat-tempat yang biasa dipakai untuk santai seperti sofa, balai-balai atau  tempat tidur bisa membuatmu tidak konsentrasi mengerjakan pe-er atau menghafal. Sangat disarankan, ruang belajar sebaiknya tidak menyatu dengan kamar tidur. Letakkan meja dan kursi belajar seperti yang terdapat di kelas. Perhatikan juga sinar lampu. Pakailah lampu yang cukup terang agar matamu tidak sakit.

8. Warna-Warna Cerdas
            Ahli pewarnaan percaya bahwa warna busana yang kamu pakai bisa memengaruhi konsentrasi belajarmu. Kamu boleh percaya boleh juga tidak.
Merah            Warna merah dapat memompa percaya dirimu.  Namun kalau pikiranmu tegang menghadapi  ujian, hindarilah warna ini.
Orange         Warna oranye dapat meningkatkan kreativitas. Cocok kamu pakai saat ujian atau ulangan   yang membutuhkan jawaban essay panjang.
Kuning        Bayangan terang kuning diharapkan dapat memompa daya ingatmu. Disarankan memakai warna kuning saat kamu menghadapi ulangan atau ujian.
Hijau              Warna alami ini dapat melembutkan hatimu. Warna ini kurang baik kalau  kamu pakai saat      ujian atau ulangan.
Biru             Warna biru dapat membantumu rileks dan konsentrasi. Cocok kamu pakai saat menghadapi ujian  yang membutuhkan koinsentrasi tinggi seperti pada pelajaran "Mafia".Ujian pelajaran "Mafia" membutuhkan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan dengan pelajaran  yang lain.
Ungu               Kalau ada ulangan multiple choice pakailah warna ungu pada baju atasanmu. Warna ini        akan membantumu meningkatkan kemampuan dalam menebak dan meningkatkan intuisimu.
Hitam              Jika kamu merasa kurang baik terhadap pelajaran yang kamu pelajari, sekali-kali jangan        mengenakan busana warna hitam. Tapi, jika kamu yakin dengan pelajaran yang kamu pelajarai, kamu bisa memakai busana hitam karena warna hitam dapat membuatmu merasa bertenaga.
Pink               Warna pink membuatmu merasa lembut dan hangat. Pakailah warna pink saat   kamu            merasa gembira. Disarankan untuk tidak memakai warna pink saat ujian.
           
Warna  memengaruhi konsentrasi belajar?



sumber : http://www.teenage-corner.com/2012/11/trik-menjadi-juara-kelas.html

Blog Archive

Friend Yangasik