Home » » 10 Barang Bajakan Terpopuler di Amerika

10 Barang Bajakan Terpopuler di Amerika

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 18.56


Barang-barang bajakan buatan China rupanya tidak hanya menyerbu Indonesia, tetapi juga Amerika. Setiap tahunnya, negara ini mengalami kerugian 250 milyar dollar akibat masuknya barang-barang bajakan tersebut. Repotnya, hanya sedikit yang bisa dideteksi dan disita oleh pemerintah. Tahun lalu, barang bajakan senilai 1,26 milyar dollar disita oleh Custom & Border Protection (CBP, atau Kantor Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika).

Satu dekade lalu, kebanyakan barang bajakan dikirimkan melalui kapal. Namun tren belanja online saat ini telah mengubah cara tersebut, demikian menurut Therese Randazzo, Direktur Hak Kekayaan Intelektual dan Divisi Program untuk CBP. Toko-toko online memudahkan para pembajak menjual barang-barang tersebut langsung pada konsumen, sehingga makin sulit dilacak dan disita. Untuk mencegah praktik pembajakan, CBP menutup situs-situs yang memfasilitasi transaksi ini.

Kebanyakan barang bajakan ini didatangkan dari China daratan, karena faktanya China memang produsen terbesar barang-barang tersebut. Banyak dari produk fashion yang dibuat dengan harga yang murah. Di negara tersebut, penegakan hak kekayaan intelektual juga lemah. Setelah China, Hong Kong, Singapura, India, dan Taiwan adalah negara-negara asal barang bajakan yang berhasil disita CBP.

Ironisnya, kasus pembajakan di Amerika sendiri tak banyak diberitakan. Hal ini disebabkan CBP tidak mencakup penyitaan barang-barang yang asalnya dari Amerika, seperti pembajakan digital. Padahal pembajakan piranti lunak sudah menyebabkan Amerika kehilangan pendapatan milyaran dollar. Kekurangan kebijakan CBP adalah tidak mencakup transmisi digital, sehingga skala pencurian ini tidak dapat ditampilkan.

Berdasarkan data CBP, tiga barang yang paling banyak disita adalah tas tangan dan dompet, jam tangan dan perhiasan, serta pakaian dan aksesori. Di luar itu, masih banyak jenis barang bajakan lain yang menyerbu Amerika.

1. Tas dan dompet. Nah, siapa yang belum pernah membeli tas KW? Faktanya, tas dan dompet merupakan produk-produk fashion yang banyak dipalsukan, dengan nilai total sitaan mencapai 142,2 persen jika dibandingkan dengan tahun 2011. Dari produk tas dan dompet bernilai sekitar 511 juta dollar yang disita pada 2012, lebih dari 446 juta dollar-nya merupakan barang dari China.

2. Jam tangan dan perhiasan. Jumlah penyitaan produk-produk ini meningkat pada 2012, dengan jumlah sitaan sebanyak 2.197 (dari 1.491 pada 2011). China adalah pengirim terbesar produk bajakan ini. Sebanyak 98 persen barang bajakan yang diselundupkan dari Singapura juga berupa jam tangan dan perhiasan. Hal ini disebabkan Singapura memiliki industri perhiasan yang besar.

3. Pakaian dan aksesori. Pakaian dan aksesori bermerek tapi palsu merupakan barang yang paling banyak disita pada 2012, atau sekitar 29 persen dari seluruh sitaan. Pakaian yang paling banyak dibajak adalah kostum jersey dari tim kebanggaan seperti Super Bowl. Barang bajakan yang nilainya lebih dari 97 juta dollar tersebut berasal dari China.

4. Barang-barang elektronik atau "spare part"-nya. Diperkirakan, barang elektronik senilai 71,5 juta dollaryang disita pada 2012 berasal dari China. Sedangkan dari semua produk bajakan yang berasal dari Hong Kong, barang elektronik merupakan yang paling banyak disita. Jenis barang yang terbanyak dalam dua tahun terakhir adalah smartphone dan komputer tablet.

5. Alas kaki. Nilai dari lima produk sitaan di Amerika melebihi 100 juta dollar pada 2012, dan sepatu menempati posisi pertama dari lima produk tersebut. Kebanyakan produk yang disita merupakan sepatu olahraga, meskipun sepatu pesta juga makin meningkat jumlahnya. Mayoritas produk tersebut didatangkan dari China.

6. Obat-obatan atau perawatan tubuh. China adalah pemasok obat-obatan dan produk perawatan tubuh palsu terbesar, dengan nilai produk diperkirakan mencapai 46,9 juta dollar. Selain itu, 76 persen produk sitaan berupa obat-obatan dan personal care berasal dari India, dengan nilai 5,3 juta dollar. Menurut Randazzo, meskipun India memiliki industri farmasi secara sah yang besar, industri bajakannya juga sangat tinggi.

7. Media optik. Tahun 2011, media optik berada di urutan kedua setelah pakaian dan aksesori dalam konteks jumlah total penyitaan. Media optik hanya mencakup barang-barang tangible seperti film atau musik di CD, dan tidak termasuk produk yang ditransfer secara digital.

8. Komputer dan aksesori. Nilai total penyitaan komputer dan aksesori bajakan tahun 2012 lebih tinggi 50 persen daripada tahun 2011. Lebih dari 90 persen produk sitaan ini datangnya dari China daratan atau Hong Kong.

9. Label atau logo merek. Label senilai lebih dari 26 juta dollar berhasil disita tahun lalu, menurun hampir 80 persen dari nilai sitaan pada 2011. Negara pengirimnya yang terbesar juga China, disusul oleh Hong Kong.

10. Mainan. Tahun 2012, mainan bernilai sekitar 10,5 juta dollar dari China disita. Nilai ini jauh lebih besar daripada negara pembajak lain, karena mainan juga diselundupkan dari Taiwan yang nilai sitaannya senilai 1,7 juta dollar. Belakangan ini, sepeda bajakan juga makin banyak jumlahnya.
 
 

Blog Archive

Friend Yangasik