Home » » 8 Tanda Hidup Anda Terlilit Utang

8 Tanda Hidup Anda Terlilit Utang

Written By Unknown on Kamis, 24 Januari 2013 | 00.13

Apakah Anda memiliki tagihan utang? Menggunakan sistem kredit dan utang bisa menjadi jalan yang memungkinkan Anda untuk memiliki rumah, kendaraan, membayar uang pangkal sekolah, menikah, merenovasi rumah, bahkan membeli barang. Hati-hati, Anda malah terjebak menumpuk utang terlalu banyak yang berujung pada masalah lebih serius.

Mampu membayar tagihan kredit bukan berarti Anda bebas masalah. Hanya karena Anda mampu menyesuaikan tagihan ke dalam anggaran juga bukan berarti keuangan Anda sehat. Ingat, uang yang digunakan untuk membayar utang tidak dapat digunakan di tempat lain. Itu berarti jika Anda menghabiskan uang setiap bulan pada tagihan kartu kredit atau utang yang tidak perlu lainnya, dari anggaran lain yang seharusnya bisa digunakan untuk merencanakan masa depan.

Parahnya sangat sulit untuk menyadari kenyataan bahwa Anda telah mencapai titik kritis dengan situasi utang yang di luar batas kemampuan. Namun bila ditelaah, ada tanda-tanda peringatan yang dapat membantu mengidentifikasi kondisi keuangan sedang bermasalah.

Berikut adalah serangkaian indikasi Anda sudah terlilit utang besar. Jika salah satu saja terjadi pada Anda, sekarang saatnya untuk segera mengambil tindakan untuk memperbaiki keadaan.

1. Anda tidak memiliki tabungan.
2. Anda hanya mampu melakukan pembayaran minimum pada tagihan kartu kredit setiap bulan.
3. Anda terus memakai kartu kredit, padahal sedang dalam usaha untuk melunasinya.
4. Anda memiliki setidaknya satu kartu kredit yang mendekati, atau bahkan melebihi batas kredit.
5. Anda kadang-kadang terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan, kartu kredit, atau biaya bulanan lainnya.
6. Anda bahkan tidak tahu total utang yang dimiliki.
7. Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan lainnya.
8. Saat mengajukan utang ke bank, permohonan Anda ditolak.

Sebenarnya Anda tahu, jauh di dalam hati bahwa sedang memiliki masalah dengan utang, tapi jauh lebih mudah untuk menyangkal masalah daripada mengatasinya. Membereskan utang membutuhkan kerja keras, namun semakin cepat Anda menyadari masalahnya, Anda semakin dapat membuat perubahan positif. Menunda hanya akan memperburuk keadaan. Jika Anda berpikir sudah tidak dapat mengatasi masalah sendiri, saatnya meminta saran dan bantuan ahli.
 
 

Blog Archive

Friend Yangasik