Home » , » 4 Cara Agar Tetap Bersemangat Walau Kurang Tidur

4 Cara Agar Tetap Bersemangat Walau Kurang Tidur

Written By Unknown on Minggu, 30 September 2012 | 06.44

 
1. Perhatikan Asupan Makanan
Jika kurang beristirahat, sebaiknya perut tetap kenyang. Pastikan memakan menu yang sehat saat sarapan, makan siang atau makan malam agar tubuh mendapat cukup nutrisi yang membuat tubuh tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan mencegah tubuh menjadi lesu dan jatuh tertidur.

Makanan yang perlu dikonsumsi adalah biji-bijian yang merupakan sumber energi, buah-buahan untuk menyegarkan pikiran dan dapat menyediakan gula dengan cepat, serta protein yang mengandung asam amino untuk meningkatkan energi.

 
2. Jogging
Pakar kesehatan menyarankan bahwa jogging dapat melepaskan endorfin yang merupakan pereda nyeri alami, peningkat energi dan penguat jantung. Berolahraga juga dapat menjadi pendorong mood yang positif. Namun berolahraga terlalu banyak dapat membuat tubuh jadi lebih lamban. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga dalam taraf sedang.

 
3. Kafein
Kafein adalah zat pahit yang ada dalam kopi, teh, minuman ringan, coklat, beberapa obat-obatan dan kola. Kafein dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dengan cara merangsang sistem saraf pusat. Akibatnya tubuh jadi lebih waspada dan energi juga akan meningkat.

Namun terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan gejala gemetar dan pusing. Perlu diingat bahwa tubuh menyerap dan membuang kafein dengan cepat. Setelah 8 – 10 jam, 75 persen kafein sudah dibuang dari tubuh.

 
4. Tidur
Cara terbaik untuk mengatasi kelelahan karena kurang tidur adalah dengan tidur. Kekurangan tidur yang akut berkaitan dengan risiko gangguan kesehatan yang parah. Tidur barang sebentar selama 20 – 60 menit di siang hari sudah cukup untuk meningkatkan energi.


sumber : http://tuyulgondrong.com/4-cara-agar-tetap-bersemangat-walau-kurang-tidur/

Blog Archive

Friend Yangasik