Home » , , » Kok Bisa Ya Termos Menjaga Teh Tetap Panas Selama Beberapa Jam?

Kok Bisa Ya Termos Menjaga Teh Tetap Panas Selama Beberapa Jam?

Written By Unknown on Kamis, 04 Oktober 2012 | 04.40

 Pernah nggak sih kalian menyimpan teh panas di dalem termos waktu kalian piknik sama teman-teman atau sama keluarga? terus waktu kalian mau minum lagi ternyata tehnya masih tetep panas? Gimana sih caranya kok termos bisa menjaga tehnya tetap panas? Apa jangan-jangan didalemnya ada kompornya gitu ya? Baca yuk biar ngerti gimana kok bisa tehnya tetap panas ketika disimpen didalam termos.....

Sejarah Singkat Tentang Termos

Termos (bahasa inggrisnya: Thermos) atau yang dikenal juga sebagai vacuum flask ditemukan oleh Sir James Dewar. Dia bekerja sebagai dosen di Royal Collage Veteriner, nggak cuman ngajar doang loo, Dia juga membuat beberapa penelitian. Nah ketika dia meneliti tentang daya tahan elektris tanpa sengaja menemukan tabung hampa udara yang digunakan untuk pengiriman dan penyimpanan gas cair.


Sir James Dewar

Namun Dewar melihat peluang lain dari temuannya itu. Lalu dia mengembangkan tabung hampa udara untuk menjadi termos yang mampu mempertahankan suhu, dingin maupun panas.

Menurut Teori Pertukaran dari Henry Prevost Babbage (1824 – 1918) bahwa benda yang lebih dingin selalu menyerap gelombang panas dari benda yang lain sampai keduanya mempunyai temperatur yang sama. Didasarkan pada teori ini maka teh yang panas ataupun dingin dalam termos akan kehilangan panas atau menyerap panas dari tempatnya. Namun, termos sudah didesain agar bisa menghambat ketida cara panas dapat berpindah: konduksi, konveksi, dan radiasi

Termos dibuat dari kaca yang berdinding rangkap, naah diantara dinding itu dibuat hampa udara dan salah satu dindingnya dilapisi oleh lapisan yang mengkilap (disini kita gunakan perak). Di termos ini terdapat dua dinding kaca, yang masing-masing dibuat mengilap. Bagian dalam dibuat mengkilap agar kalor dari air panas tidak diserap oleh dinding. Sedangkan bagian luar dinding kaca dibuat mengilap dan dilapisi dengan perak, tujuannya agar tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi.

Buat apaan sih kok dikasi ruang hampa segala? Ruang hampa udara disini digunakan untuk mencegah perpindahan kalor secara konveksi. Tutup termos itu ada fungsinya nggak? Jelas ada dong, tutup termos disini dibuat dari bahan isolator, gunanya untuk mencegah perpindahan kalor secara konduksi.

Oooh gitu yaa. Tapi cara kerja sama prinsip kerjanya kaya gimana sih sebenernya? Prinsip kerja termos sebenarnya sangat sederhana kok. Termos ini menggunakan bahan-bahan yang sifatnya adiabatik. Idealnya, bahan-bahan adiabatik ini menghambat terjadinya interaksi antara sistem dengan lingkungan. Tidak ada perpindahan sistem dalam termos dengan lingkungannya. Akibatnya tidak terjadi pertukaran temperatur. Dengan digunakannya bahan adiabatik ini, termos bisa mempertahankan suhu air yang berada di dalamnya.

Struktur Termos Beserta Keterangannya


Struktur Termos


Tutup Sumbat Termos = Mencegah perpindahan kalor secara konduksi.
Dinding Dalam Kaca = Mencegah perpindahan kalor dari air panas agar tidak diserap oleh dinding.
Dinding Luar Kaca = Mencegah perpindahan kalor secara radiasi.
Ruang Hampa Udara (Vakum) = Membatasi kemungkinan panas hilang dari dalam atau masuk ke dalam termos dengan konveksi.
Dinding Pelingdung Kaca = Sebagai isolator antara tabung kaca dengan udara sekitar.
Karet Penahan Kaca = Menjaga posisi botol (kaca) tetap ditempatnya.

Video Penjelasan Termos
  

 Kembali bersama video kucingfisika.com
Kali ini saya akan mengajak temen temen untuk melihat bagaimana cara kerja sebuah termos, sehingga termos tersebut dapat menyimpan sumber air panas.

Termos merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencegah terjadinya peristiwa konduksi, konveksi, maupun radiasi.

Sehingga air yang kita simpan akan tetap panas dan dapat kita pergunakan pada saat kita butuhkan.

Nah, apasih rahasianya sehingga peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dapat dicegah?

Rahasianya adalah pada bagian dalam sebuah termos, ternyata bahan tersebut terbuat dari bahan yang mengkilap, contohnya perak.

Bahan mengkilap ini ditujukan agar radiasi yang dibawakan oleh air memantul kembali dan tidak keluar dari termos.

Sedangkan bagian tengahnya kalau kita perhatikan ternyata pada bagian tengah tersebut disengaja dibuat hampa udara sehingga akan memperkecil kemungkinan terjadinya konduksi dan konveksi.
Karena tidak ada medium didalam ruang hampa udara, peristiwa itulah yang dimanfaatkan oleh orang untuk membuat termos dan menjaga air didalam termos tersebut tetap panas.

Nah itulah temen-temen untuk menambah wawasan teman-teman tentang ilmu fisika lainnya saksikan terus video-video lainnya di kucingfisika.com 

 Jadi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam termos ini adalah
1. Adanya ruang hampa udara yang dibatasi oleh kaca yang pada salah satu lapisannya dilapisin oleh lapisan yang mengkilap.
2. Termos berprinsipkan pada penggunaan bahan-bahan yang adiabatik yang menghambat pertukaran kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi

Adiabatik adalah perubahan keadaan gas dimana tidak ada kalor yang masuk ataupun keluar dari sistem.
Konduksi
adalah perpindahan panas yang tidak diserai perpindahan partikel zat penyusunnya, dan cuman terjadi di zat padat.
Konveksi
adalah perpindahan panas yang disertai perpindahan partikel zat penyusunnya, dan terjadi di zat cair dan gas.
Radiasi
adalah perpindahan panas tanpa diperlukan medium sebagai perantaranya.  


sumber : http://forum.indowebster.com//showthread.php?t=331463

Blog Archive

Friend Yangasik