Home » » Kamus Istilah Balap

Kamus Istilah Balap

Written By Unknown on Senin, 01 Oktober 2012 | 10.27


A

Aerodinamis
Bentuk desain luar kendaraan/helm/wearpack  yang ditujukan untuk mengurangi pengaruh pergerakan udara yang dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan ketika bergerak.
Akselerasi
Percepatan atau penambahan kecepatan dengan cara memutar handel gas.
Alphanumeric
Kode yang terdiri atas huruf dan angka pada ban yang menunjukan ukuran ban standar.

B

Backstraight
Trek lurus yang terletak sebelum garis finish.
Backmarker
Pebalap yang posisinya paling belakang. Ia berada di depan pebalap lain tapi sebenarnya mempunyai jumlah lap yang lebih sedikit alias telah di-overlap oleh pebalap lain.
Backend
Bagian belakang body sebuah motor.
BHP
Brake Horse Power,Bentuk suatu kesatuan yg digunakan untuk mengukur tenaga mesin.
Bikers
Julukan bagi pengemudi atau penggemar sepeda motor.
Bore Up
Modifikasi yang dilakukan untuk menambah tenaga pada mesin motor standar pabrik, yang dilakukan dengan menambah kapasitas ruang bakar. Caranya adalah dengan memperbesar kapasitas silinder, lalu mengganti ukuran piston sesuai dengan penambahan ukuran silinder.

C

CC
Cubic Capacity (kapasitas kubik), Bentuk kesatuan yg digunakan untuk mengukur mesin.
Chassis
Biasa juga disebut sasis, adalah rangka sepeda motor. Sasis merupakan bagian paling dasar yang berfungsi mendukung mesin, suspensi, dan bagian-bagian lainnya, sassis menentukan stabilitas dan kenyamanan kendaraan.
Chatter
Getaran pada motor yang dapat mengganggu  pebalap yang mengendarai motor tersebut.
Cornering
Teknik memacu motor di tikungan dengan memiringkan motor dan menurunkan satu kaki (merebahkan motor).
Chicane
 Trek menyerupai huruf ‘s’, yang biasanya terletak di antara trek lurus. Chicane dapat digambarkan sebagai  variasi tikungan pada sebuah sirkuit di mana terdapat dua atau lebih tikungan berbeda arah yang letaknya beruntun.
Chamber/Tikungan Chamber
Lintasan miring yang biasanya terdapat di tikungan,berfungsi untuk mempermudah pebalap melewati tikungan agar motor tetap melaju di jalur meskipun dengan kecepatan tinggi.
Conference Press Room
Ruang ini disediakan untuk memfasilitasi media yang melakukan liputan.  Di ruang inilah para pebalap bertatap muka dengan media, melakukan konferensi pers serta sesi wawancara dengan wartawan.
Crosser
Sebutan bagi pebalap supercross/motocross.
Chequered Flag
Bendera dengan motif kotak-kotak warna hitam-putih seperti papan catur. Gunanya sebagai tanda finish sebuah lomba atau akhir dari sebuah sesi (misalnya kualifikasi).
Clerk of the Course
Petugas yang memimpin seluruh petugas di trek, ia berwenang untuk menentukan kapan bendera tertentu harus dikibarkan pada trek tertentu.
CRT
Claiming Rule Team (CRT) merupakan tim yang ikut ambil bagian dalam ajang balapan MotoGP, namun tidak tergabung dalam asosiasi tim pabrikan dan tim MotoGP (MSMA). Tim CRT hanya memegang lisensi satu musim dengan FIM dan DORNA Motorsports. Tim ini diperuntukkan bagi tim privateer dengan dana terbatas untuk mengembangkan dapur pacu mereka, meskipun tim CRT sendiri nantinya akan tetap mendapatkan paket yang sama persis seperti tim pabrikan.

D

Deselerasi
Penurunan kecepatan, lawan kata akselerasi.
Drive Through Penalty
Manuver pembalap yang membahayakan pembalap lain. Pembalap yang melakukan pelanggaran ini harus masuk pit lane dan melaju dengan kecepatan maksimum 60km/jam.
E
F
Fairing
Bagian depan dan samping badan pada motor (bodywork).
Front End
Bagian depan body motor, berpengaruh terhadap kenyamanan dan kendali si pebalap.
Freestyle
Atraksi akrobatik bebas dengan menggunakan sepeda motor atau jenis kendaraan lainnya.
Factory Rider
Pebalap yang membela tim besar milik produsen motor tertentu yang tergabung dalam asosiasi tim pabrikan dan tim MotoGP (MSMA) serta memegang lisensi FIM dan DORNA Motorsports. Mereka bertanding dengan menggunakan kendaraan prototype pabrikan dari timnya.
Finish
Garis akhir yang menjadi tujuan pebalap untuk menyelesaikan perlombaan. Di sirkuit besar seperti Sentul, lokasi garis start dan finish bisa beda. Tapi, di trek dadakan dan trek kecil, garis start dan finish dijadikan satu.
Flag, Black
Tanda bahwa ada pebalap yang terkena diskualifikasi karena melakukan pelanggaran berat, black flag akan diangkat bersama-sama dengan nomer start pebalap yang dimaksud. Pebalap yang terkena black flag wajib untuk segera kembali ke pit, dan tidak dapat meneruskan perlombaan.
Flag, Red
Tanda bahwa balapan dihentikan/ditunda.
Flag, Yellow
Menandakan sedang terjadi insiden/kecelakaan di lintasan saat balapan sedang berlangsung. Para pebalap wajib mengurangi kecepatan dan dilarang melakukan overtaking di zona berbendera kuning.
Flag, Green
Adalah tanda bahwa balapan sudah siap untuk dimulai atau siap dilanjutkan apabila sebelumnya terjadi penundaan.
Flag, Blue
Tanda untuk pebalap backmarker (paling belakang) yang mengharuskan untuk memberi jalan pada pebalap di urutan depan yang akan melakukan overlaping.
Flag, White
Tanda bahwa telah terjadi perubahan cuaca (misalnya: hujan) para pebalap diperbolehkan mengganti motor (Motogp dan Superbike) dan atau mengganti ban(F1,motogp,supebike).

G

Gantung Gas
Memutar gas motor sampai habis untuk mendapatkan kecepatan maksimal.
Garpu
Tabung yg berbentuk untuk menahan roda dan stang motor agar tetap berada di tempatnya
Gas 
Bagian dari motor yang digunakan untuk membuat motor agar bisa melaju lebih cepat ataupun lambat.

Gravel
Area di luar trek yang terdiri dari hamparan pasir, batuan kecil atau kerikil. Berfungsi sebagai penahan kecepatan motor yang keluar dari sirkuit agar tidak menghantam pagar pembatas sirkuit.

H

Handling
Tingkat kemampuan kendaraan untuk menukik atau berbelok.
High Speed Corner
Tikungan kecepatan tinggi. Bentuknya membulat yang memungkinkan pebalap gantung gas ketika melintasi tikungan ini. Sebutan rolling speed juga sering dipakai di sini.
Hairpin Corner
Disebut juga tikungan tusuk konde, karena bentuknya menyerupai tusuk konde. Di arena balap tanah air dikenal dengan sebutan tikungan balik badan. Tikungan ini berupa tikungan mati yang memaksa pebalap mengerem habis, bahkan, tidak jarang sampai harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar, sesuai ukuran sirkuit.

I

J

Jump start
Istilah bahasa Inggris untuk mencuri start. Pebalap yang mencuri start adalah pebalap yang bergerak lebih dahulu sebelum lampu start padam (mendahului start).

K

Kerb
Gundukan gerigi yang diberi tanda cat warna-warni yang biasanya terdapat di tepian lintasan balap, khususnya di daerah tikungan. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line, jika posisi motor terlalu keluar akibat kecepatan. Kerb lebih nge-grip daripada aspal, sehingga akan menahan kendaraan keluar lintasan.
 Kamera Jump Start
Kamera yang terletak di pinggir lintasan di sepanjang starting grid. Fungsinya untuk memantau pergerakan setiap pebalap saat start, agar bisa diketahui jika ada pebalap yang mencuri start.
Kamar Hitung
Ruangan untuk pimpinan lomba, atau dikenal juga sebagai race director room. Dari sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pebalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pebalap.

L

Lap
Satu putaran trek dalam arena balapan.
Long Run
Simulasi balapan.
Lap time
Waktu yang dihabiskan seorang pebalap untuk menempuh satu putaran lap.
Lampu start.
Bentuknya mirip dengan lampu lintas. Perbedaannya,  pada lampu lalu lintas warna merah berarti berhenti dan warna hijau jalan, sementara dalam balapan, start dimulai jika lampu merah padam.
Lap Board
Papan bertuliskan angka-angka yang ditunjukkan pada setiap pembalap melintasi garis start. Papan ini menunjukkan sisa lap balapan yang harus dilalui oleh pebalap. Misalkan angka 12, maka pembalap masih harus mengitari 12 sirkuit sebanyak 12 kali.
Late braking
Teknik untuk mendahului dengan cara mengerem lebih lambat daripada pebalap yang akan didahului.

M

Marshall
Petugas disekeliling track terdiri dari flag, fire, track, course marshall, grid marshall.
Motocross
Salah satu cabang olahraga motorsport yang digelar di trek non aspal.
MotoGP
Rangkaian seri grand prix motor yang paling bergengsi di dunia dengan penyelenggara DORNA yang berdomisili di Spanyol, mempertandingkan tiga katagori 125cc, 250 cc ( yang akan berubah menjadi GP Mono 600cc) dan MotoGP.

N

O

Overlap
Kondisi di mana pebalap tertinggal atau meninggalkan lawannya hingga satu lap atau lebih dari pebalap lain.
Overtaking
Pergerakan motor atau mobil untuk menyusul lawan di depannya pada sebuah kegiatan balap. Namanya balapan pasti adu cepat dan siapa yang paling cepat adalah yang paling depan. Untuk menjadi yang paling depan, ada kalanya harus menyusul lawan, itulah overtaking.

P

Paddock/Paddock Area
Tempat yang paling steril di arena balapan. Di sinilah seisi tim berkumpul, mulai pebalap, manajer tim, mekanik hingga motor balapnya. Paddock Area menjadi tempat di mana mereka merancang strategi hingga setingan motor. Pada kompetisi papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pebalap istirahat dan tempat menerima pihak sponsor dan wartawan.
Paddock Girl
Perempuan muda yang bertugas untuk memayungi pebalap agar tidak terpapar matahari. Seringkali mereka juga menjadi model promosi dengan memakai atribut sponsor di kostumnya. Pada dasarnya Paddock Girl sama dengan Umbrella Girl, hanya saja Paddock Girl dipekerjakan oleh tim balap yang ikut serta dalam kejuaraan, bukan penyelenggaranya.
Part
Bagian-bagian yang menyusun sebuah kendaraan.
Pit stop
Pit stop adalah tempat di mana pebalap menghentikan kendaraannya saat balapan berlangsung untuk urusan teknis seperti pengisian bahan bakar, penggantian ban, pengecekan mesin, dsb. Dalam sebuah balapan, setiap tim memiliki pit stop masing-masing, lengkap dengan pit crew dan berbagai fasilitasnya.
Pit Area.
Seluruh area pit yang terdiri atas pit in, pit out, pit lane, dan pit stop.
Pit Lane
Jalur yang menghubungkan pit stop dengan trek balapan, digunakan pebalap untuk keluar masuk pit stop.
Pit Crew
Kru mekanik dan teknisi yang berada di dalam pit dan bertanggung jawab atas kebutuhan pebalap dan kendaraannya di dalam pit stop. Seorang pit crew harus dapat bekerja dengan cepat, cermat, dan teliti, satu kesalahan kecil saja bias berakibat fatal, tidak hanya bagi catatan waktu pebalap, namun juga bagi keselamatannya.
Pit Strategy
Strategi yang digunakan sebuah tim balap untuk mengatur keluar masuk pit dalam sebuah balapan, termasuk perencanaan aktivitas  yang akan dilakukan di dalamnya. Selain kehebatan mesin dan kebolehan untuk adu cepat di trek, pit strategy juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebuah tim dalam balapan.
Pit In
Jalan masuk pit (entrance).
Pit Out
Jalan keluar pit (exit).
Podium
 Tempat penghormatan bagi pebalap-pebalap  yang menjadi juara untuk menerima penghargaan. Bisa berada di atas podium adalah gengsi bagi setiap pembalap, yang akan menjadi catatan sepanjang karir balapnya.
Pole Position
Posisi start balapan yang berada di urutan paling depan, ditentukan berdasarkan hasil babak kualifikasi.
Pole-Sitter
Pebalap yang start di pole position.
Post Marshall
Tempat berkumpulnya petugas di sekitar lintasan seperti Flag Marshall, Fire Marshall, Course Marshal. Jumlahnya sama dengan jumlah tikungan yang ada karena lokasinya terletak sebelum tikungan.
Privateer
Pebalap/tim independen non pabrikan yang menggunakan dana pribadi.

Q

QTT (Qualifying Time Trial)
Kualifikasi untuk menentukan posisi start. Pebalap diberikan waktu beberapa menit untuk mengitari sirkuit guna mendapatkan waktu tercepat. Misalnya selama 30 menit, pebalap boleh melintasi sirkuit berapapun dia suka. Sekali, dua kali atau bahkan 10 kali asal waktunya masih di dalam 30 menit tadi. Pebalap diperbolehkan keluar masuk paddock untuk mengatur setingan motor. Waktu terbaik, berhak start di grid pertama.

R

R
Istilah untuk tikungan, dengan R diambil dari kata Radius. Penyebutan ini berlaku untuk semua tikungan. Makanya, ada R1 dan seterusnya.
Rider
Pengendara kendaraan tertentu. Istilah yang bersifat umum, namun identik juga dengan pebalap.
Racing
Balapan, segala sesuatu yang berhubungan dengan balapan.
Racing line
Rute yang harus diambil pebalap untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan perlombaan.
Rider pabrikan
Lihat Factory Rider.
Race Director Room
Lihat kamar hitung.
Racer
Pebalap, dalam balap professional, pembalap tidak ikut serta sebagai individu melainkan mewakili tim tertentu.
Rolling Speed
Teknik menggantung gas (Rpm) saat menikung  dalam kecepatan tinggi.
Race Control
Tempat pimpinan perlombaan racing beserta asistennya memberi petunjuk atau perintah kepada petugas-petugas yang menyebar di trek, memonitor seluruh kejadian di sekitar sirkuit. Dalam ruangannya dilengkapi dengan CCTV (close circuit television), public announcement system (PA), alat komunikasi (handy talkie). Letaknya ada di atas tower dekat garis start atau finish.
Race Director
Pimpinan lomba. Berwenang menentukan jalannya lomba hingga finis dengan memperhatikan aspek regulasi dan keselamatan.
Rear Wheel Steering
Teknik menikung dengan membiarkan ban belakang sliding melebihi sudut menikung motor. Biasa digunakan di arena balap motor. Pebalap yang mempopulerkannya: Garry McCoy.
Ride Through Penalty
Lihat Drive Through Penalty
Road Race
Balap motor yang populer di Indonesia dan seringkali disebut juga dengan sebutan balap motor senggol, mengingat penyelenggarannya yang sering digelar di jalanan dan tidak di sirkuit yang permanen.

S

Seeded
Atau biasa disebut kelas seeded, adalah kelas unggulan, yang diikuti oleh pebalap non-pemula.
Set-up
Penyetingan motor yang akan dipakai sebelum balapan dimulai.
Sirkuit
Arena balapan berupa lintasan/trek tidak putus yang bentuknya berbeda-beda antara sirkuit yang satu dengan yang lain. Setiap sirkuit dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas standar yang biasanya diperlukan untuk dalam balapan.
Shiftlock
Aksi yang biasa dilakukan pebalap motor usai balapan dengan menurunkan posisi gigi dan melepas kopling secara tiba-tiba hingga membuat roda terkunci sebentar. Sering dilakukan Valentino Rossi untuk merayakan kemenangan usai balapan.

Stewart
Pengawas lomba. Biasanya terdiri dari tiga orang di setiap event motorsport.

Stewart of the Meeting
Forum tertinggi event motorsport. Terdiri dari stewart, race director, dan clerk of the course. Bertugas memastikan lomba berlangsung sesuai regulasi. Menentukan hukuman yang diberikan kepada pebalap yang melakukan pelanggaran.

Start
Tempat pembalap berkumpul untuk memulai kompetisi balap, biasanya terletak tidak jauh dari pit out. 
Starting grid
Ditandai dengan angka-angka. Menunjukkan posisi pembalap di angka berapa saat balapan. Angka ini didapat dari hasil qualifikasi sebelumnya. Makin cepat catatan waktunya saat qualifikasi, maka dialah yang berhak start dari grid pertama.
Straight
Trek lurus. Tempat favorit pebalap untuk melakukan overtaking.
Scruttineering
 Pemeriksaan motor dan kelengkapan lainnya sebelum balapan berlangsung, untuk memastikan apakah motor yang digunakan sudah  sesuai aturan dan syarat-syarat lainnya sudah dipenuhi.
Supercross/motocross
Perlombaan balap motor dengan menggunakan motor jenis motocross yang diadakan di trek non aspal yang sulit dan penuh tantangan, dibuat hanya untuk sementara dengan menggunakan bahan – bahan dari tanah atau pasir.
Superpole
Pebalap dengan catatan waktu terbaik dalam kualifikasi balap motor Superbike.

Stopie
Aksi pebalap dalam memainkan rem depan dengan mendadak sehingga roda belakang terangkat.
Stop And Go Penalty
Hukuman bagi pebalap yang melakukan pelanggaran, di mana pebalap tersebut  harus masuk pitlane dan berhenti selama beberapa detik.

T

Track
Jalur yang harus diikuti oleh pebalap.
Timesheet
Catatan waktu para pebalap dalam suatu perlombaan.
Tune up
Tune-up adalah servis ringan yang berhubungan dengan mesin berupa pemeriksaan, penyetelan, ganti komponen, dan perawatan mesin.
Tribun
Tempat duduk penonton yang memiliki bentuk berundak ke atas dengan posisi memanjang di pinggiran sirkuit.
Transfonder
Sebuah alat yang diletakkan pada setiap kendaraan yang mengikuti balapan. Alat ini akan mengirimkan sinyal pada komputer yang ada di kamar hitung ketika motor melewati garis finish sehingga catatan waktu si pebalap dapat diketahui.
Tikungan Balik Badan
Istilah lain dari tikungan hairpin atau tusuk konde.

U

V

W

Wheelie
Salah satu gaya dalam freestyle dengan mengangkat roda depan pada sepeda motor
Waiting Zone
Tempat para pembalap berkumpul sebelum start, setelah dipanggil petugas.
White Line
Garis putih di lintasan, yang hanya ada di sirkuit internasional. Terletak berdekatan dengan bibir lintasan, sebagai petunjuk bagi pembalap untuk menentukan jalur yang benar.

X

Y

Z

 

sumber : http://www.yamaharacingindonesia.co.id/kamus-istilah-balap/

Blog Archive

Friend Yangasik