Home » » 5 OS Baru Saingan Android dan iOS di 2013

5 OS Baru Saingan Android dan iOS di 2013

Written By Unknown on Jumat, 04 Januari 2013 | 02.01

OS atau sistem oprasi merupakan perangkat lunak yang menjadi otak di dalam ponsel nah pada tahun 2013 ini diperkirakan akan ada beberapa OS baru yang muncul dan akan menyaingi OS Android dan iOS yang merupakan os terpopuler saat ini. Nah kamu mau tahu OS baru apa aja yang akan meluncur di tahun 2013 dan akan menyaingi Android dan iOS di 2013 simak 5 OS Baru Penyaing Android dan iOS di 2013 berikut ini.

1. BlackBerry 10
bb 10
Handset dengan sistem operasi BlackBerry 10 siap dirilis oleh Research in Motion (RIM) pada akhir Januari 2013 ini. Ditujukan untuk mengembalikan pamor BlackBerry, sudah tentu BB10 punya beragam fitur unggulan.

OS ini berbasis QNX yang sudah dipakai sebagai sistem operasi tablet PC BlackBerry PlayBook. Operasional ponsel dilakukan dengan sistem swipe atau geser sehingga tidak membutuhkan tombol fisik. BlackBerry 10 pun dijejali beragam fitur yang lumayan menarik.

Misalnya, fitur BlackBerry Hub akan menampung semua pesan, notifikasi, ataupun kalender dan bisa diakses dengan mudah. Di sektor kamera, ada fitur yang berfungsi seperti mesin waktu. Jika foto yang diambil tidak sesuai harapan, fitur ini seolah mampu mengulang momen sehingga pengguna bisa memundurkan sejumlah frame untuk menemukan foto yang lebih bagus.

RIM bahkan mengklaim BlackBerry 10 dirancang untuk tidak mengalami hang atau crash saat dioperasikan. Dan saat peluncurannya nanti, OS ini akan didukung puluhan ribu aplikasi di BlackBerry World.

2. Tizen
os ziten
Samsung tengah berjaya dengan deretan ponsel berbasis OS Android. Namun mereka juga cukup giat mengembangkan OS sendiri. Setelah kehadiran OS Bada yang kurang begitu bersinar, vendor asal Korea Selatan ini bersiap menghadirkan sistem operasi bernama Tizen.

Tizen merupakan kolaborasi Samsung dengan raksasa prosesor Intel. Intel memutuskan mengembangkan Tizen setelah OS MeeGo yang mereka kembangkan bersama Nokia mandeg di tengah jalan.

Tizen berbasis open source seperti Android. Selain untuk smartphone, platform baru ini niatnya juga akan menghampiri komputer tablet, Smart TV sampai sistem hiburan di kendaraan.

Kabarnya, Samsung akan merilis ponsel Tizen pertama kali pada tahun 2013 ini sebagai alternatif Android. Menurut rencana, ponsel Tizen edisi perdana ini akan dijual di Jepang melalui operator DoCoMo.

3. Sailfish
5 OS Baru Saingan Android dan iOS di 2013
Sejumlah mantan pegawai Nokia tak puas karena perusahaan asal Finlandia itu meninggalkan OS MeeGo dan memilih Windows Phone. Mereka pun berinisiatif mendirikan perusahaan sendiri bernama Jolla untuk melanjutkan perkembangan MeeGo.

Jolla telah memperkenalkan OS baru bernama Sailfish yang merupakan modifikasi dari MeeGo. Pengoperasiannya pun mirip mirip dengan MeeGo, yaitu dengan sistem swipe atau geser.

Jolla menyatakan, Sailfish akan kompatibel dengan beberapa aplikasi Android.  Ponsel perdana Sailfish rencananya akan diperkenalkan secara resmi di kuartal pertama 2013 ini.

Selain untuk smartphone, Sailfish dikembangkan untuk tablet PC. Dan juga berbagai perangkat lain seperti komputer, televisi, dan gadget di kendaraan.

4. Ubuntu
os ubuntu
Awal tahun 2013 ini, Canonical–perusahaan di balik distribusi Ubuntu–secara resmi memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone. Pendiri Canonical, Mark Shuttleworth, langsung mendemokan sistem operasi ini di markas besarnya di London, Inggris.

Mark mengklaim bahwa Ubuntu punya interface lebih bersahabat dari seluruh sistem operasi ponsel saat ini. Melalui sebuah video ia memamerkan mudahnya pengguna mengakses aplikasi favorit, mencari file, bernavigasi, hingga sistem notifikasi yang sederhana namun informatif.

Soal kekayaan aplikasi, Ubuntu juga percaya bahwa toko aplikasi mereka yang bernama Ubuntu Software Centre mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya. Aplikasi memang sangat penting untuk menambah potensi sukses sebuah OS.

Ubuntu untuk smartphone memang secara resmi sudah dikumandangkan. Akan tetapi ponsel yang menggunakan sistem operasi ini diprediksi baru ada di penghujung 2013 atau awal 2014.

5. Firefox OS
os firefox
Mozilla tak mau ketinggalan mengembangkan sistem operasi mobile baru yang dinamakan Firefox OS. Dengan dukungan beberapa perusahaan telekomunikasi besar, Firefox OS diklaim akan menantang kedigdayaan Android dan iOS di iPhone.

Mozilla mengatakan, operator seperti Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor dan Etisalat, telah menyatakan dukungannya pada Firefox OS. Vendor ponsel ZTE dan TCL rencananya juga akan merilis ponsel Firefox OS dengan prosesor Qualcomm Snapdragon pada awal tahun 2013 ini.

Dukungan dari operator dan vendor handset dinilai krusial bagi OS baru smartphone. Sebab, mereka akan menantang Android dan iOS yang saat ini sangat mendominasi. Belum lagi OS lainnya dengan market share lebih kecil juga masih banyak digunakan.

Gary Kovacs selaku Chief Executive Mozilla Corp, meyakini Firefox OS masih punya peluang di tengah sesaknya pasar OS mobile. Terlebih platform ini disediakan gratis, berdasarkan pada standar web terbuka dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5.

Ponsel perdana Firefox OS ini akan dirilis awal tahun 2013 di Brazil melalui operator Telefonica.

Nah itulah beberapa os baru yang akan hadir di Tahun 2013 yang akan menantang os android dan ios.


sumber : http://palingseru.com/16457/5-os-baru-saingan-android-dan-ios-di-2013

Blog Archive

Friend Yangasik