Home » » 5 Perusahaan nasional yang diapresiasi dunia

5 Perusahaan nasional yang diapresiasi dunia

Written By Unknown on Sabtu, 20 Oktober 2012 | 07.21


Perusahaan milik pribumi ternyata sudah diakui oleh berbagai negara. Terbukti tidak sedikit perusahaan yang berkantor di Jakarta dan sahamnya mayoritas dimiliki negara atau pengusaha Indonesia mendapatkan berbagai penghargaan di Asia Pasifik atau Dunia.

Bahkan, kinerja perseroan tersebut dinilai moncer. Misalnya saja, Garuda Indonesia yang teranyar mendapatkan penghargaan di Korea Selatan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan Dahlan menyebutkan, maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia telah mengalahkan maskapai penerbangan Malaysia dan Thailand. "Sekarang kita sudah mengalahkan Malaysia Airlines dan Thai airways," ucapnya.

Lantas apa saja perusahaan yang sering dapat penghargaan di Luar Negeri.

1. Garuda Indonesia

Perusahaan pelat merah ini, teranyar mendapatkan penghargaan dalam ajang Stevie Award yang dilaksanakan oleh International Business Awards yang berkedudukan di Virginia, Amerika Serikat untuk kategori Annual Report Garuda Indonesia 2011 Embarking into a New Dimension. Penghargaan tersebut di berikan di Korea Selatan, (15/10).

Sebelumnya, Garuda memenangkan predikat premium untuk kategori Aerospace & Defense dan ranking satu untuk kategori Top 100 Annual Reports Worldwide dari League of American Communications Professionals LLC (LACP) pada April lalu.

2. PT Antam

Perusahaan pelat merah ini meraih dua penghargaan Emas dalam International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) 2012 pada 14-17 Oktober 2012, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dua tim Quality Control Circle (QCC) Antam meraih penghargaan emas dalam kategori Improvement Case Studies.

Kedua tim QCC tersebut adalah tim QCC PROTECTOR dari Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara dan tim QCC GOLD ROOM dari Unit Bisnis Pertambangan Emas. Kedua tim memaparkan makalah mengenai improvement dalam kegiatan operasi di masing-masing unit bisnis.

ICQCC merupakan organisasi konvensi mutu internasional yang didirikan pada tahun 1975, yang menyelenggarakan kompetisi Quality Control Circle.

3. PT Sampoerna

Perusahaan yang dikembangkan oleh keluarga Sampoerna pada 1913 telah menjadi pemimpin dalam Industri rokok. Dengan rokok kretek merek Dji Sam Soe dan Sampoerna A yang Merupakan merek-merek utama Sampoerna di segmen premium.

Sementara Sampoerna Kretek adalah merek yang bersaing pada segmen harga menengah. Sampoerna mengoperasikan enam pabrik rokok di Jawa Timur (Surabaya, Pandaan, Malang) dan di Jawa Barat (Karawang)

Setelah dikuasai keluarga selama dua generasi, akhirnya pada bulan Mei 2005, PT Philip Morris Indonesia, afiliasi dari PMI, mengakuisisi kepemilikan mayoritas atas Sampoerna. Beberapa pengahargaan yang didapat perusahaan ini diantaranya Community Empowerment in Managing Natural Resources yang diberikan di Malaysia, pada Juni lalu.  

Selain itu, Sampoerna memperoleh Medal award Peace Through Commerce 2011 dari International Trade Administration (ITA) Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Karena mendirikan yayasan Sampoerna Foundation.


4. PT Adaro

Perusahaan tambang batubara ini mendapatkan penghargaan untuk kategori Free Cataract Surgeries for Underpreveleged Patients dalam ajang penghargaan Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) 2012. 

Penghargaan ini dipersembahkan oleh Enterprise Asia, lembaga non-pemerintah tingkat regional Asia Pasifik. Adaro dinilai layak dapat penghargaan karena memiliki program sponsor operasi katarak gratis sejak tahun 2003 kepada lebih dari 4.000 pasien kurang mampu di seluruh Indonesia

5. Bank Mandiri

Perusahaan jasa keuangan BUMN ini mendapatkan penghargaan dari Enterprise Asia untuk kategori Investment in People Award, karena sukses membuat program wirausaha muda mandiri (The Mandiri Young Entrepreneur Program).

Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah melakukan program CSR (corporate social responsibility) yang efektif, tepat sasaran, dan berkelanjutan.


sumber : http://www.merdeka.com/uang/5-perusahaan-nasional-yang-diapresiasi-dunia/bank-mandiri.html

Blog Archive

Friend Yangasik